ikatan motor cicalengka (IMC)
.::Selamat datang di forum IMC bandung timur ::.
.::Ikatan Motor Cicalengka (IMC) bandung timur::.
________________________________________
loggin untuk bergabung bersama kami dan mendapatkan tips trik seputar roda dua share tentang roda dua dan cari solusimu tentang roda dua disini.
________________________________________
bagi anda yang ingin mendaftarkan diri menjadi anggota IMC, anda dapat mendownload formulir pendaftarannya diforum ini ..
silahkan login / signup untuk mendownload.





________________________________________
untuk info lebih lanjut tentang pendaftaran silahkan anda download formulirnya.

terimakasih.
ikatan motor cicalengka (IMC)
.::Selamat datang di forum IMC bandung timur ::.
.::Ikatan Motor Cicalengka (IMC) bandung timur::.
________________________________________
loggin untuk bergabung bersama kami dan mendapatkan tips trik seputar roda dua share tentang roda dua dan cari solusimu tentang roda dua disini.
________________________________________
bagi anda yang ingin mendaftarkan diri menjadi anggota IMC, anda dapat mendownload formulir pendaftarannya diforum ini ..
silahkan login / signup untuk mendownload.





________________________________________
untuk info lebih lanjut tentang pendaftaran silahkan anda download formulirnya.

terimakasih.
ikatan motor cicalengka (IMC)
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

ikatan motor cicalengka (IMC)

IMC / Ikatan Motor Cicalengka adalah club motor yang positif dan anti anarkisme.tujuan club ini adalah untuk menjalin persahabatan antar pengguna roda 2 dan share seputar otomotif dan lainnya.
 
IndeksGalleryLatest imagesPencarianPendaftaranLogin
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
Keywords
Latest topics
» IKATAN MOTOR CICALENGKA (IMC)
MODIFIKASI MESIN 2 TAK – BASIC – I_icon_minitimeThu Mar 29, 2012 8:22 pm by saputra311

» Ducati 1199 Panigale Usung Teknologi MotoGP
MODIFIKASI MESIN 2 TAK – BASIC – I_icon_minitimeThu Mar 29, 2012 6:51 pm by ikhsan

» Teori Safety Riding
MODIFIKASI MESIN 2 TAK – BASIC – I_icon_minitimeWed Mar 28, 2012 8:15 am by ikhsan

» Pasang Karbu CBR di Vario
MODIFIKASI MESIN 2 TAK – BASIC – I_icon_minitimeWed Mar 28, 2012 7:59 am by ikhsan

» Jangan Sepelekan Membonceng!
MODIFIKASI MESIN 2 TAK – BASIC – I_icon_minitimeWed Mar 28, 2012 7:52 am by ikhsan

» Urutan memasang transmisi Motor Supra 100
MODIFIKASI MESIN 2 TAK – BASIC – I_icon_minitimeWed Mar 28, 2012 7:47 am by ikhsan

» SETEL SENDIRI KLEP SATRIA F150 agar mesin tidak berisik
MODIFIKASI MESIN 2 TAK – BASIC – I_icon_minitimeTue Mar 27, 2012 11:34 am by ikhsan

» MODIFIKASI MESIN 2 TAK – BASIC –
MODIFIKASI MESIN 2 TAK – BASIC – I_icon_minitimeTue Mar 27, 2012 11:11 am by ikhsan

» BORE UP MIO 150 cc power naik 100 %
MODIFIKASI MESIN 2 TAK – BASIC – I_icon_minitimeTue Mar 27, 2012 10:56 am by ikhsan

May 2024
MonTueWedThuFriSatSun
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
CalendarCalendar
Affiliates
free forum


 

 MODIFIKASI MESIN 2 TAK – BASIC –

Go down 
PengirimMessage
ikhsan
Admin
ikhsan


Jumlah posting : 9
Reputation : 0
Join date : 26.03.12
Age : 32
Lokasi : cicalengka

MODIFIKASI MESIN 2 TAK – BASIC – Empty
PostSubyek: MODIFIKASI MESIN 2 TAK – BASIC –   MODIFIKASI MESIN 2 TAK – BASIC – I_icon_minitimeTue Mar 27, 2012 11:11 am

Merubah tenaga dari mesin 2 tak sesungguhnya sangat simple ketika kamu mengetahui teknik dasar mesin 2 tak. Kebanyakan kesalahan adalah memilih kombinasi yang kurang pas dari komponen mesin sehingga mesin justru berlari lebih parah dari standardnya, pernah mengalami? Karena memodifikasi mesin 2 tak memerlukan tidak hanya budget yang besar dalam pendanaan melainkan juga strategi modifikasi. Seperti kutipan graham bell pada halaman pertama buku TWO-STROKE PERFORMANCE TUNING karangannya, modifikasi dan pengerjaan yang terlalu berlebihan ( bore up , porting terlalu lebar / tinggi ) bisa jadi justru menyakitkan karena hasil yang jauh dari harapan. Namun pengerjaan sederhana, berhati-hati, dan menunda untuk modifikasi extreme belakangan bisa jadi adalah kunci kinerja mesin 2 tak.
Spoiler:
PRINSIP KERJA 2 TAK

Meski mesin 2 tak terlihat lebih simple dari mesin 4 tak, dengan komponen yang sangat sedikit, hanya piston didalam silinder, namun sesungguhnya mesin 2 tak sangat komplex dalam kalkulasi : utamanya memanfaatkan dinamika gerak gas dalam mesin untuk menghasilkan tenaga. Ada fase-fase berbeda yang sangat berpengaruh didalam crankcase maupun didalam blok cylinder pada waktu bersamaan, sehingga mesin 2 tak mampu bekerja lebih efisien (hanya cukup 360 derajat putaran kruk as, dibanding 720 derajat putaran kruk as oleh mesin 4 tak) inilah yang menyebabkan ledakan tenaga mesin 2 tak terasa menyengat dibanding 4 tak. Rahasia tenaga mesin 2 tak adalah pengaturan kompresi primer dan sekunder didalam mesin.

Inilah mengapa seringkali kita menyarankan pada rat rider kalau ingin mengirim mesin untuk dikerjakan sebaiknya seluruh mesin atau motornya dipaketkan sekalian, karena tidak cukup hanya modifikasi blok atau head saja. Mari kita amati cara kerja mesin 2 tak dalam sisi dinamika gas :

1) Awal mula piston berada pada titik mati atas (TMA , nol derajat kruk as) bunga api mulai meletik dan gas dalam ruang bakar menyebar dan mendorong piston turun sebagai awal langkah usaha. Gaya dorong piston ini menekan gas ke dalam crankcase hingga menyebabkan petal terbuka. Kompresi pada kruk as tersebut penting untuk menimbulkan kekuatan hisap pada reed valve, apalagi dibantu membran seperti v-Force dengan banyak katub buluh sehingga meski kompresi rendah campuran gas segar sudah dapat dengan mudah masuk. Pada sudut 90 derajat kruk as, dan piston berada dalam akselerasi negatif maksimum, porting exhaust terbuka sebagai tanda berakhirnya langkah usaha. Gas panas akan terbuang dengan sendirinya keluar ke knalpot. Kompresi pada kruk as mulai melemah saat porting transfer mulai terbuka. Tekanan dalam silinder harus diturunkan lebih rendah dari tekanan pada crankcase dengan tujuan agar gas yang tidak terbakar dapat keluar dari transfer ports selama masa pembilasan.

2) Transfer port terbuka sekitar 120 derajat sebelum titik mati bawah (TMB). Pembilasan dimulai. Artinya gas segar keluar dari porting transfer dan menyatu untuk membentuk sebuah siklus. Gas akan bergerak ke atas menuju belakang silinder dan berputar terus membilas sisa gas pembakaran dari proses power stroke. Penting bahwa sisa gas pembakaran harus dibuang sempurna, untuk membuka ruangan bagi campuran udara segar ke dalam ruang bakar. Itu adalah kunci membuat tenaga besar pada mesin dua tak. Semakin banyak gas segar yang mampu di kompresi pada kubah pembakaran = semakin besar tenaga tercipta!
Spoiler:

Sekarang gas segar juga turut terbuang hingga bagian header pada knalpot. Tapi gas segar ini tidak akan lolos begitu saja karena gelombang tekanan kompresi mempunyai pantulan dari desain ujung pipa knalpot yang baik, untuk membawa paket gas segar kembali ke dalam silinder sebelum piston menutup seluruh lubang porting. Inilah keunikan dari efek SUPER CHARGE pada mesin 2 tak. Dari sini terlihat betapa pentingnya desain knalpot 2 tak, perhitungan matang untuk mengurangi trial n error sangat dibutuhkan. Keunggulan utama dari mesin 2 tak adalah bahwa mereka mampu membakar lebih banyak udara/bahan-bakar dibandingkan kapasitas mesin yang terhitung melalui kalkulasi. Sebuah contoh : Mesin 4 tak 125 cc sesungguhnya mungkin hanya mampu membakar 110 cc campuran udara/bahan-bakar dalam silinder, dengan efisiensi pabrikan 88 % (kemungkinan lebih rendah dari itu) sedangkan mesin 2 tak 125 cc standard kemungkinan bisa membakar 180cc campuran udara-bahan bakar didalam silinder. Mampu melihat bedanya? Bisa membuat gambaran bagaimana merancang mesin 4 tak agar mampu melawan mesin motor 2 tak?
Spoiler:
3) Kini kruk as telah berputah melewati titik mati bawah (180 derajat) dan piston memulai langkah upstroke. Gelombang kompresi yang memantul dari pipa knalpot membawa gas segar kembali melewati exhaust port (kini juga berfungsi menjadi inlet port bukan?) seiring piston menutup seluruh porting maka kompresi dimulai. Di dalam kruk as, tekanan menjadi lebih rendah dari tekanan atmosfer, menimbulkan kevakuman dan hisapan ini akan mebuka katub buluh dan memasukkan gas segar ke dalam crankcase.

4) Gas yang tidak terbakar akan tertekan dan beberapa saat sebelum piston meraih TMA, sistem pengapian akan meletikkan bunga api dan memulai proses pengapian. Dan siklus akan terus berulang.

Pelajari bagaimana proses dasar mesin 2 tak bekerja. Kapan porting mulai terbuka dan tertutup dalam durasi derajat kruk as, niscaya modifikasi kita akan berada pada jalan yang tepat.

hellboy
Kembali Ke Atas Go down
https://imcbandungtimur.indonesianforum.net
 
MODIFIKASI MESIN 2 TAK – BASIC –
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» SETEL SENDIRI KLEP SATRIA F150 agar mesin tidak berisik

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
ikatan motor cicalengka (IMC) :: IMC share-
Navigasi: